Telemarketing Skill

Dalam proses penjualan dan pemasaran, tidak jarang para penjual melakukan penawaran melalui telepon. Hal ini dilakukan karena terkendala jarak dan waktu, sehingga para penjual memanfaatkan telepon untuk dapat memberikan penawaran, dan meyakinkan customer tentang produknya. Tentu saja, hal tersebut tidaklah semudah yang terlihat. Membujuk customer potensial (prospect) untuk membeli produk melalui telepon bukanlah tugas sederhana. Anda harus mampu membangun hubungan yang baik dan memperoleh kepercayaan customer Anda hanya dalam waktu singkat. Dibutuhkan penguasaan beragam teknik telesales dan telemarketing dengan baik, agar berhasil menjual produk Anda dengan efektif dan optimal.

TUJUAN

  1. Mengaplikasikan cara yang efektif untuk berbicara dengan pelanggan melalui telepon.
  2. Mampu membuat orang mau menerima telepon telesales dan telemarketing.
  3. Memahami metode peningkatan kemampuan diri dalam komunikasi, dengan memahami Intonasi, Bahasa Tubuh dan Rasa.
  4. Mampu membuat orang tidak menutup teleponnya dalam waktu 1 menit pertama.
  5. Mampu melakukan penilaian awal/kualifikasi untuk (NAM) prospek yang layak dan mengklasifikasikan kebutuhannya dengan maksimal 3 pertanyaan.
  6. Mengenali kebutuhan dan keinginan pelanggan dan mampu membedakannya menjadi kebutuhan rasional dan emosional.
  7. Menentukan Benefit (manfaat logis) dan Hot Button (tombol pemicu emosional) yang paling tepat untuk masuk ke hatinya sehingga prospek mau membeli.
  8. Mengkomunikasikan benefit dan Hot Button (tombol pemicu) tersebut.
  9. Mengenali keraguan dan keberatan customer lalu mengubahnya melalui sudut pandang baru.
  10. Mengaplikasikan Teknik berkomunikasi dengan mengemas pesan yang tepat.
  11. Mengikat komitmen customer untuk membeli dengan spesifik dan jelas tindak lanjutnya.